Ticker

9/recent/ticker-posts

Perintah sholat dalam Ayat al-quran dan al-hadist

Perintah Sholat

NUSANTARAKU. Sholat adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim karena termasuk rukun Islam yang kedua, sehingga jika sholat itu ditinggalkan maka sesorang dianggap berdosa karena ia mengabaikan perintah tuhannya yaitu Allah s.w.t. 

Adapun holat yang wajib dilaksanakan dalam Islam adalah sholat yang 5 waktu yaitu sholat Shubuh, Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan khusus pada hari Jum'at untuk para laki-laki sholat Dzuhur diganti dengan sholat jum'at. 
Sedangkan sholat yang tidak diwajibkan atau sholat sunat sangat banyak seperti sholat hari raya Iedul Fitri dan Iedul adha, sholat tarawih pada bulan puasa, sholat tahajud, dll. Berbeda dengan sholat wajib hukum Sholat-Sholat sunat tersebut jika tidak dikerjakan makan tidak akan berdosa sedangkan jika dikerjakan akan mendapatkan pahala.

Perintah sholat dalam Al-Qur'an sangat jelas yang merupakan kitab suci dan panduan hidup dan hukum untuk umat muslim, yang merupakan kumpulan firman-firman Allah s.w.t yang diturunkan kepada nabi Muhammad s.a.w. Ada banyak firman Allah yang menerangkan perintah Sholat di dalam Al-Qur'an, Dan berikut adalah diantaranya ayat-ayat Al-Qur'an yang menerangkan kewajiban melaksanakan Sholat:

1. Surat Al-Baqarah Ayat 43

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: "Dan Dirikanlah shalat, Tunaikanlah Zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk".

2. Surat Al-Baqarah Ayat 45


وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusuk".

3. Surat Al-Baqarah Ayat 238


حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ

Artinya: Peliharalah semua shalatmu dan shalat Wustha, Berdirilah untuk Allah (Dalam Shalatmu) dengan Khusuk

4 Surat Al-Ankabut Ayat 45


وَلِلَّهِ ٱلْمَشْرِقُ وَٱلْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا۟ فَثَمَّ وَجْهُ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Dan kepunyaan Allahlah timur dan barat, Maka kemanapun kamu menghadap disitulah wajah Allah S.W.T. Sesungguhnya Allah maha luas (Rahmatnya) lagi maha mengetahui

Referensi : tafsirweb.com

Penjelasan ayat tentang sholat juga terdapat dalam ayat yang lain di dalam al-quran yaitu dalam surat An Nisa Ayat 103 yang artinya “Maka apa bila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. Ayat tersebut menjelaskan tentang kewajiban sholat bagi orang sakit.

Selain dalam surat Al-Quran perintah sholat juga ada dalam hadist nabi Muhammad S.a.w, dan berikut adalah beberapa hadist yang menerangkan perintah sholat:

1. Abdullah bin Mas'ud berkata "Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, 'Amalan apakah yang paling afdhol?" Nabi menjawab "Shalat pada waktunya". Lalu aku bertanya lagi "Terus apa?" "Berbakti kepada orang tua" jawab Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, "Lalu apa lagi" aku bertanya kembali. "Jihad di jalan Allah" jawab Nabi (HR. Bukhari no. 7534 dan Muslim no. 85)

2.  Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya: "Islam dibangun atas lima perkara, yaitu, 1 bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, 2  mendirikan salat, 3 menunaikan zakat, 4 naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, -pen), 5 berpuasa di bulan Ramadhan." (HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16).

Itulah beberapa keterangan Perintah tentang sholat di dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist. Sejatinya bagi umat muslim dimanapun berada wajib mempelajari dan melaksanakanya.


Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar